Tips Memotret Foto Travelling

Setelah anda pulang dari travelling yang sangat menakjubkan, tidaklah cukup menceritakan perjalanan anda melalui foto yang menunjukkan detail kemana anda pergi. Anda juga ingin membuat orang tergugah.

Anda ingin membuat foto travelling yang sangat kuat hingga membuat orang yang melihatnya benar-benar ingin pergi kesana. Suasana yang baru, tampat yang baru, human interest, landmark suatu kota, semuanya bisa menjadi objek yang menarik untuk foto travel.

Tips memotret foto travelling

Berikut ini adalah tips bagaimana membuat foto travelling yang akan membuat orang ingin pergi kesana.

1. Bawalah peralatan yang simpel dan praktis.

Saat melakukan fotografi wisata, anda akan menyeret peralatan anda sepanjang hari, melompat naik dan turun dari segalam macam kendaraan, dan saat hari semakin merangkak naik, peralatan anda akan terasa lebih berat dan lebih besar, dan dipenghujung hari anda pasti sudah tidak membuka-buka tas kamera anda lagi. Untuk mengatasinya, bawalah peralatan sesimpel mungkin – satu atau dua lensa paling banyak. Sebagai contoh, kalau anda mempunyai Nikon lensa 18-200mm inilah saat yang tepat untuk membawanya. Lensa ini membuat anda bisa menaruh tas kamera anda di hotel, karena semua kebutuhan anda sudah terpenuhi hanya dengan satu lensa ini, mulai dari sudut lebar hingga tele. Canon juga membuat lensa 28-200mm, memang sudutnya tidak selebar Nikon, tapi bentuknya luar biasa kecil dang ringan. Selain itu, kini sudah tersedia pula beberapa tripod yang luar biasa ringan untuk travelling. Bepergian dengan dengan beban yang ringan, akan membuat anda memotret lebih banyak foto, karena anda lebih jarang menggonta-ganti lensa dan berkutat dengan peralatan anda.

2. Bagaimana mengetahui apa yang harus difoto

Sebelum anda bepergian ke sebuah destinasi wisata, lakukanlah semacam riset untuk mendapat gambaran foto apa saja yang bisa diperoleh di lokasi tujuan perjalanan. Beberapa situs yang bisa digunakan sebagai referensi antara lain flickr, fotopedia, 500px.com, lonely planet, ayofoto.com fotografer.net, dan juga situs ataupun blog travelling yang jumlahnya sangat banyak.

Termasuk dalam langkah ini adalah mencari tahu landmark apa saja yang menjadi identitas tujuan perjalanan, dan umumnya dipotret dengan sudut pandang seperti apa. Dari referensi ini anda bisa menentukan subjek pemotretan, cara pandang kreatif yang akan digunakan, dan juga pengaturan jadwal perjalanan.

3. Memasukkan orang ke dalam foto travelling anda

Jika anda ingin memperbaiki kualitas foto travelling anda, berikut ini adalah sebuah trik sederhana: tambahkan lebih banyak orang ke foto anda. Saat anda benar-benar ingin menangkap kekhasan dari sebuah tempat, jangan hanya memotret bangunan dan monumen, tunjukkan pulalah orang-orang di daerah tersebut. Tidak ada apapun yang bisa menunjukkan karakter dan jiwa dari sebuah kota selain dari orang-orangnya, dan itulah kenapa banyak sekali foto travelling top dari para profesional memasukkan orang ke dalam sebagian besar foto mereka. Jika anda merasa kecewa dengan foto-foto travelling anda, mungkin itu karena anda menatap bangunan-bangunan yang “dingin” dan jalan-jalan yang sepi. Tambahkanlah orang-orang, maka semuanya akan berubah menjadi lebih baik.

4. Mintalah sesorang untuk berpose

Foto candid penduduk lokal akan membuat tambahan yang bagus bagi foto travelling anda, tapi jika anda memiliki foto seperti ini terlalu banyak, foto-foto anda jadi tak seperti foto travelling dan malah terlihat seperti foto pengamatan. Untuk mendapatkan foto pribadi yang close-up dan mengagumkan, anda harus meminta beberapa penduduk lokal berpose untuk anda. Salah satu trik terbaik untuk membuat orang mau berhenti dari apa yang sedang mereka kerjakan dan berpose untuk anda adalah memotret mereka sekenanya terlebih dahulu. Saat mereka melihat anda memiliki kamera, tersenyumlah kepada mereka, pegang kamera dengan jari bersiap pada tombol shutter, dan angguklah kepala seolah berkata “Bagaimana kalau saya mengambil foto anda?” Dalam sebagian besar kasus, mereka tersenyum dan mengangguk kembali, dan berhenti secukupnya untuk memberi waktu mengambil sebuah foto. Lalu segera tunjukkan pada mereka hasil foto dirinya di layar LCD kamera. Setelah mereka melihat foto di layar, dinding penghalang pun seolah roboh, karena semua orang suka pada foto terutama jika mereka adalah subjeknya, dan biasanya mereka akan lebih dari sekedar bahagia untuk berpose beberapa kali lagi.

Jika anda tidak merasa nyaman dengan teknik “angkat kamera dan mengangguk”, inilah cara lain yang pasti jitu, carilah seseorang yang menjual sesuatu dan belilah barang dagangannya. Kalau anda merasa di sebuah pasar, dan anda membeli sesuatu dari si penjual, saya yakin dia akan bersedia berpose untuk satu atau dua foto kilat, karena sekarang anda bukan hanya sekedar turis yang membawa kamera, tapi juga membeli mereka. Trik yang ini selalu manjur.

5. Apa yang harus dipotret saat cuaca mendung

Jika cuaca berawan dan mendung, jangan membereskan peralatan anda, ini adalah waktunya untuk memotret orang-orang di jalanan, pasar-pasar terbuka, jendela-jendela kaca berwarna (yang akan terlihat bagus saat langit mendung), foto arsitektur close-up (selama anda tidak memasukkan sedikitpun langit yang berawan tersebut). Jalanan berbatu akan bagus difoto tepat setelah hujan turun, dan foto bunga akan terlihat bagus diambil saat teduh, di bawah langit yang berawan. Selain itu, jika langit benar-benar berubah jadi buruk, mungkin itu adalah saat yang tepat untuk memotret langit itu sendiri. Kalau hanya kelabu yang rata, fotonya akan membosankan. Tetapi kalau akan datang badai, awan gelap akan menjadi subjek yang menarik. Atau, tambahkanlah subjek yang membosankan itu dengan bayangan dan misteri yang dibawanya.

6. Memotret dari kamar hotel anda

Semua orang ingin memiliki “kamar berpemandangan indah”, dans sekarang anda bahkan memiliki motovasi yang lebih kuat untuk meminta kamar seperti itu, karena kamar hotel anda bisa menjadi platform untuk memotret kota. Saat anda check in, mintalah kamar di lantai tertinggi yang tersedia dan bersiap-siaplah untuk membentangkan kesempatan yang menakjubkan tepat di balik tirai jendela anda. Jika anda tidak memiliki balkon atau jendela yang bisa dibuka kacanya, anda bisa memotret langsung dari balik jendela jika anda mengikuti tiga aturan ini. (1) Matikan lampu apapun di dalam kamar hotel anda – cahaya akan menimbulkan bayangan pada kaca yang akan muncul di foto anda. (2) Taruhlah lensa anda sedekat mungkin ke kaca, pasanglah lens hood pada lensa dan tempelkan pada kaca. (3) Anda bisa menggunakan filter polariser untuk menghilangkan bayangan di kaca, tapi karenanya anda akan kekurangan cahaya, anda mungkin harus memotret di atas tripod, yang akan membuat usaha menempelkan lensa ke jendela menjadi lebih sulit.

7. Waktu yang tepat untuk memotret pemandangan kota

Foto-foto pemandangan kota (cityscape) yang bagus tidak bisa diambil pada jam 2 siang. Jika anda ingin mendapatkan foto cakrawala kota yang hebat, tunggulah hingga 30 menit setelah matahari tenggelam (blue hour) dan memotretlah di senja itu. Pada saat ini, langit biasanya berada pada  titik paling pekat, biru tua, dan lampu-lampu di kota semuanya akan menyala, menciptakan kombinasi fotografis yang indah. Itulah tipe foto pemandangan kota (cityscape) yang telah anda impi-impikan. Nah, setelah anda tahu kapan waktu yang tepat untuk memotret, ada satu lagi kunci penting untuk memotret foto semacam ini agar berhasil, yaitu: anda mutlak memotret dalam cahaya yang rendah dengan menggunakan tripod. Shutter anda akan membuka selama sedetik penuh atau bahkan lebih, dan jika anda tidak menggunakan tripod, hasilnya pasti buram.

Kalau kota yang anda foto berada di dekat perairan, cobalah posisikan diri anda agar perairan tersebut berada di antara anda dan kota (misalnya, cobalah memotret di atas jembatan). Dengan begitu, anda akan melihat bayangan lampu-lampu kota di atas air, yang akan menambah daya tarik visual yang sangat besar. Ini adalah salah satu jenis foto travelling yang tak boleh dilewatkan.

8. Dahulukan memotret foto landmark yang paling terkenal

Jika anda bepergian ke sebuah kota terkenal, teman dan keluarga anda di rumah akan mengharapkan foto landmark kota yang paling terkenal. Misalnya, jika anda pergi ke Paris, anda sebaiknya pulang dengan membawa sejumlah foto menara Eiffel. Jika anda pulang tanpa membawa foto tersebut, orang-orang akan sangat kesal sehingga mereka tidak akan menghiraukan foto lain yang anda ambil. Jadi, dahulukanlah memotret foto landmark yang paling terkenal. Dengan begitu, anda bisa menghabiskan sisa waktu anda untuk mememarkan sisa foto yang anda inginkan – penduduknya, kuliner lokal, kebudayaannya, dan foto-foto yang menunjukkan sisi fotografer dalam diri anda.

9. Memotret landmark terkenal

Jika anda memotret sebuah landmark terkenal, anda pasti tahu bahwa subjek tersebut sudah pernah dipotret jutaan kali sebelumnya. Maka, anda akan sangat sulit pulang dengan membawa jenis foto yang belum pernah dilihat orang. Berikut ini beberapa ide yang mungkin akan membantu anda memberi tampilan segar pada foto landmark yang sudah diambil jutaan kali ini: (1) Jangan menjadikan landmark tersebut sebagai subjek inti foto anda. Misalnya, pada foto menara Eiffel di bawah, dimana subjek utamanya adalah pengendara sepeda yang sedang melintas dengan menara Eiffel di sampingnya. Jadi, walaupun anda bisa melihat dengan jelas landmarknya, tapi itu bukanlah subjeknya. (2) Cobalah memotret landmark dalam pantulannya di air atau di kaca. (3) Ambillah hanya sebagian kecil dari landmark tersebut – cukup untuk menunjukkan landmark apa itu sebenarnya.

10. Memotret kuliner

Lihatlah majalah perjalanan manapun yang bagus. Dalam setiap artikelnya tentang sebuah kota, anda akan selalu menemukan foto kulinernya. Mencoba makanan baru adalah salah satu hal yang paling menyenangkan saat travelling ke sebuah destinasi baru, jadi kenapa anda tidak memasukkannya ke dalam foto? Lihatlah ekspresi orang-orang yang melihat album anda saat mereka menemukan foto hidangan yang mengundang selera – coba lakukanlah sekali, dan anda akan selalu ketagihan memotret kuliner. Kesempatan terbaik untuk memotret kuliner adalah di siang hari, terutama jika anda mendapat tempat duduk di dekat jendela (untuk mendapatkan cahaya alami yang cantik dari jendela) atau di luar (terutama di bawah payung atau tenda, sehingga anda bisa memotret di bawah tempat teduh. Jika taplak mejanya berwarna putih, maka anda memiliki background yang bagus untuk memotret – sebisa mungkin pindahkan saja benda-benda yang mengganggu dari sekitar hidangan. Selain itu, foto kuliner terbaik yang anda lihat pada majalah, umumnya memiliki 2 kesamaan: (1) Biasanya foto-foto ini menggunakan depth of field yang dangkal (dimana bagian piring masuk fokus dan bagian belakangnya di luar fokus). Untuk mendapatkan efek ini, gunakan aperture paling rendah (f/4 atau f/2.8). (2) Potretlah piring yang menyajikan hidangan yang terbaik, dengan kata lain potretlah makanan yang disajikan paling menarik di atas piring.

11. Memotret di tempat yang dilarang menggunakan flash

Jika anda berencana untuk memotret di museum atau tempat-tempat lain yang pada umumnya tidak memperbolehkan anda untuk memasang tripod atau menggunakan flash, maka disarankan agar anda membeli lensa 50mm f/1.8 yang murah. Lensa super cepat ini menangkap banyak sekali cahaya sehingga anda bisa memotret tanpa tripod, yang tidak akan bisa anda lakukan dengan lensa lain. Lensa ini hanya memakan sedikit tempat di dalam tas kamera anda dan beratnyapun sama sekali tak akan menambah beban pada tas anda.

12. Mencari tempat yang tinggi dan bagus

Orang kebanyakan biasanya mengambil sudut pandang kota dari jalanan (atau dari dalam bus tur di jalanan). Jika anda ingin tempat yang lebih menarik untuk memotret, carilah titik berbeda yang lebih bagus – salah satunya adalah di atas kota. Carilah menara, geladak pengamatan, hotel-hotel tinggi, kereta gantung, jembatan, bangunan kantor, atau gunung yang mengarah ke kota, tempat anda bisa menunjukkan kota dari sudut pandang yang benar-benar berbeda. Ini adalah cara lain untuk membuat foto travelling anda tidak tampak pasaran.

Demikianlah tips-tips bagaimana memotret foto travelling yang menarik yang akan membuat orang-orang ingin berada di sana dan semoga bermamfaat.

Tinggalkan komentar