Perbedaan Kamera Dslr Dan Mirrorless

Dulu, kalau kita pengen punya kamera bagus jawabannya gampang: beli DSLR. Tapi itu semua berubah sejak negara api menyerang, eh salah, sejak mirrorless mulai diperkenalkan, hehe..

Sebenarnya dari dulu sudah ada kamera “tanpa cermin” seperti kamera pocket, namun istilah mirrorless melejit berkat kemampuannya untuk gonta ganti lensa. Dan itulah yang membuat pertanyaan “mending beli yang mana” ini muncul.

Tenang, berikut adalah 10 hal yang harus Anda ketahuit tentang Mirrorless vs DSLR. Semoga nanti bisa lebih mengerti perbedaan keduanya ya…

1. Ukuran & Berat

Keberadaan cermin pada DSLR merupakan salah satu faktor yang membuat kamera jenis ini sulit didesain dalam bentuk yang ringkas.

Apalagi DSLR punya banyak tombol di body kamera yang tentu membutuhkan ruang yang mencukupi untuk menempatkan semua tombol. Ujungnya, body dan berat DSLR pun lebih besar dari mirrorless.

Kamera mirrorless bisa punya badan lebih kecil dan ringkas karena telah menghilangkan keberadaan cermin. Dengan tubuh yang ringkas dan bobot yang ringan, mirrorless menjadi teman menyenangkan saat dibawa bepergian.

Anda tidak akan terbebani oleh berat kamera saat melakukan travelling. Apalagi, fitur yang dimiliki tidak berbeda jauh dari kamera DLSR.

2. Viewfinder

Setiap kamera DSLR pasti akan punya jendela bidik yang umum disebut dengan Optical View Finder (OVF). Pada kamera mirrorless, fitur ini digantikan oleh Electronic View Finder (EVF).

Pengguna mirrorless akan melihat objek foto seperti apa adanya. Kelebihan EVF adalah kita bisa mengatur ulang gambar yang tampak di LCD agar menghasilkan foto yang sesuai keinginan.

Ketika memotret dengan menggunakan DSLR, Anda tidak akan tahu hasil foto seperti apa sebelum melihatnya di layar LCD. Untuk mirrorless hal-hal seperti itu tidak akan terjadi lagi.

Hasil foto yang didapat sesuai dengan yang dilihat di layar LCD. Tidak akan ada tebak-tebak buah manggis seperti ketika menggunakan DLSR. Terlebih, EVF pada mirrorless saat ini sudah jauh lebih baik dibanding dengan generasi mirrorless pertama.

3. Live Preview

Generasi awal kamera DSLR tidak dilengkapi dengan Live Preview. Fitur ini baru muncul pada kamera DSLR setelah kelahiran mirrorless yang memang langsung dilengkapi Live Preview sejak generasi pertamanya.

Sayangnya, fitur ini umumnya dimiliki DSLR tipe high-end. Untuk tipe entry user, belum ada produsen kamera digital yang menyediakannya.

Di sinilah letak perbedaan kamera DSLR dengan kamera mirrorless. Fitur Live Preview langsung disematkan dalam setiap kamera mirrorless.

Namun, beberapa merek dan tipe mirrorless ada yang sulit mematikan simulasi eksposur yang merupakan bagian dari Live Preview.

Hal ini akan menjadi kendala ketika Anda akan menggunakan flash. Karena kamera akan mengukur cahaya yang ada di lingkungan, bukan flash. Hasil foto pun bisa berantakan ketika lupa mematikan fitur ini.

4. Baterai Mirrorless Lebih Cepat Habis

Kamera mirrorless juga punya kekurangan dibanding DLSR, terutama dalam hal baterai.

Dengan tubuh yang besar, DSLR bisa menggunakan baterai dengan kapasitas yang besar pula. Oleh karena itu, DSLR bisa memotret hingga seharian tanpa harus mengganti baterai.

Hal tersebut berbeda pada mirrorless. Desainnya yang ramping otomatis tidak bisa menyimpan baterai berukuran besar sehingga kapasitas baterai mirrorless pun lebih kecil.

Dampaknya, kamera mirrorless tidak bisa digunakan seharian tanpa membawa baterai cadangan. Satu baterai mirrorless rata-rata hanya bisa dipakai untuk mengambil foto sekitar 200-300 gambar saja.

5. Varian Lensa Mirrorless Belum Sebanyak DSLR

Perbedaan kamera DSLR dengan kamera mirrorless yang masih cukup terasa adalah dalam hal ketersediaan varian lensa.

Setiap merek DSLR pasti melengkapi produknya dengan sederet lensa. Dari mulai fish eye, lensa fix, hingga tele ratusan milimeter. Bahkan ada banyak lensa produksi pihak ketiga yang bisa diterapkan pada DSLR merek tertentu.

Beberapa produsen mirrorless saat ini memang sudah mulai banyak memproduksi lensa dengan varian yang berbeda. Namun, tetap belum sebanyak DSLR.

Olympus merupakan produsen mirrorless yang cukup serius menyediakan varian lensa untuk produksi mereka. Namun, itupun terbatas untuk level Pro atau Premium. Untuk mirrorless standar, Olympus pun belum menyediakan banyak varian lensa.

sumber: foldertekno.com

Tinggalkan komentar